Film Asal Mula Kekejaman Nazi Jadi Jawara di Cannes

Festival Film Cannes

Cannes - Minggu (24/5/2009), Festival Film Cannes resmi ditutup. Kali ini film yang meraih Daun Palem Emas adalah 'The White Ribbon' film garapan sutradara asal Austria Michael Haneke.

Seperti detikhot kutip dari Reuters, Senin (25/5/2009), 'The White Ribbon' memang salah satu film yang difavoritkan oleh ratusan kritikus film dan wartawan. Hadir dengan warna hitam putih, 'The White Ribbon' mengeksplorasi asal mula kekejaman Nazi. Film dengan setting Perang Dunia I itu menampilkan sekelompok anak yang diperlakukan secara brutal oleh orangtuanya di pedesaan bagian utara Jerman.

Michael Haneke mengungkapkan film garapannya itu bukan hanya soal kekejaman Nazi Jerman tapi juga mengkritik fanatisme. "Anda bisa mengaplikasikan pada bentuk fanatisme lainnya. seperti gerakan Islam atau sayap kiri fasisme," ujarnya.

Film lain yang juga meraih penghargaan di festival film yang digelar di the French Riviera resort itu adalah 'A Prophet'. Film drama yang digarap oleh sutradara Jacques Audiard asal Prancis tersebut mendapat penghargaan juara ke dua.

Penghargaan Aktris Terbaik diraih oleh Isabelle Huppert. Sementara Christoph Waltz yang tampil ciamik di film garapan Quentin Tarantino 'Inglourious Basterds' dinobatkan sebagai Aktor Terbaik.

0 komentar: