Jelang Final Liga Champions Matt Busby 'Hadir' di Olimpico

Olimpico, Rabu (27/5/2009)

Manchester - Sosok Sir Matt Busby akan 'hadir' di stadion Olimpico Roma saat berlangsungnya partai final liga Champions mendatang. Tidak secara fisik tentu saja, tetapi lebih ke semangatnya.

Dilansir Reuters, para pendukung Manchester United akan memampangkan poster raksasa bergambar wajah Busby saat MU dan lawannya, Barcelona, masuk ke lapangan Stadion Olimpico, Rabu (27/5/2009).

Tak ada maksud lain kecuali bahwa tindakan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap peringatan 100 tahun hari kelahiran Busby yang melegenda bersama The Red Devils.

Busby akan genap berusia 100 tahun pada hari sebelum partai final dimulai. Panitia penyelenggara mengizinkan pendukung 'Setan Merah' menunjukkan sebanyak 16.000 kartu bergambar Busby yang dibubuhi tulisan 'Untuk Sir Matt'.

Busby adalah sosok pelatih yang selalu dikenang pendukung MU. Pria asal Skotlandia ini menukangi 'Setan Merah' dari tahun 1945 sampai 1969. Selama periode itu ia mempersembahkan lima gelar juara Liga, lima Charity Shield, dua Piala FA, satu Piala Eropa (Champions) dan satu Piala Interkontinental.

Selain prestasi yang mentereng, yang terkenal di masa kepelatihan Busby adalah skuadnya yang berjuluk Busby Babes. Dinamai seperti itu karena berisi pemain pemain muda yang bertalenta tinggi. Diarsiteki Busby, MU menjuarai dua gelar juara liga secara berturut-turut di tahun 1956 dan 1957 dengan usia rata-rata pemain 22 tahun.

Delapan dari anggota Busby Babes tewas dalam tragedi Munich di tahun 1958. Salah satu anggota Busby Babes yang tidak termasuk dalam tragedi naas tersebut adalah Sir Bobby Charton.

Sir Matt Busby sendiri meninggal dunia pada tahun 1994.

0 komentar: