FOTA-FIA Masih Buntu

AFP/Pascal Guyot

Monte Carlo - Keinginan para tim kontestan F1 agar FIA mengubah aturan soal pembatasan anggaran musim depan belum menemui hasil. Asosiasi Tim F1 (FOTA) gagal bersepakat dengan FIA.

Setelah berhasil Menyatukan Pendapat, FOTA memang bertemu dengan Presiden FIA Max Mosley. Mereka berkeinginan agar FIA mengubah aturan budget cap yang sedianya akan diterapkan pada tahun 2010.

Meski pembicaraan berlangsung selama tiga jam hingga Jumat (22/5/2009) malam, ternyata pertemuan itu tidak menghasilkan kesepakatan yang memberi titik terang tentang nasib F1 tahun depan.

Mayoritas prinsipal tim yang terlibat dalam pembicaraan itu bungkam. Hanya Presiden Ferrari Luca di Montezemolo yang mengisyaratkan masih perlunya digelar pertemuan lanjutan.

"Itu adalah sebuah pertemuan yang panjang dan konstruktif," ujar Di Montezemolo seperti dilansir Autosport. "FOTA akan menggelar pertemuan lagi besok dan lalu akan bertemu lagi dengan Mosley."

"Apa yang kami inginkan adalah F1 yang tetap sebagai F1, bahwa dia tidak berbeda dan selalu melakukan perubahan yang membingungkan publik dan banyak pihak," sambung Di Montezemolo.

"Bahwa harus ada stabilitas dan bahwa kami bisa bekerja dalam dua tahun ke depan untuk menuju ke sebuah jalan yang mengurangi biaya lebih jauh," ulasnya.

Meski gagal mencapai kesepakatan dengan FIA, Di Montezemolo lagi-lagi mengutarakan optimismenya bahwa akan ada jalan keluar sebelum tenggat penentuan apakah sebuah tim akan ikut budget cap atau tidak jatuh pada 29 Mei.

"Itu adalah pertemuan yang konstruktif. Diskusi masih bisa dilanjutkan," simpul Di Montezemolo.

0 komentar: